Mengenal apa itu administrasi sistem




Pengertian Administrasi

Administrasi sistem terdiri dari 2 kata yaitu administrasi dan sistem ini berasal dari bahasa latin yakni administrasi asalnya dari kata "ad dan ministrate" kedua kata ini memiliki arti yakni pemberian jasa atau bantuan yang didalam bahasa Inggris disebut dengan " administration " artinya adalah to serve yaitu melayani sebaik mungkin . Sedangkan ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang administrasi sistem seperti "Suwarno Handayaningrat" ia mengatakan administrasi secara sempit berasal dari kata"Administrasie" ini adalah bahasa Belanda yang artinya adalah kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan,ketik mengetik,agenda dan lain sebagainya yang bersifat teknis kewirausahaan. Lalu ada the liang gie ia mengatakan bahwa administrasi secara luas adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.

Sementara Administrasi sistem komputer adalah sebuah pekerjaan dari para administrator jaringan yang bertugas untuk mengatur sebuah jaringan komputer baik dalam skala kecil maupun skala besar Dalam suatu perusahaan besar biasanya administrasi jaringan sangatlah dibutuhkan. karena dalam perusahaan besar terdapat data-data perusahaan yang sangat penting, oleh karena itu diperlukannya administrasi jaringan untuk mengamankan data-data tersebut.

Seorang Administrator punya wewenang dan peranan yang besar dalam mengendalikan jaringan komputer, baik lokal maupun internet. Admin yang dimaksud dalam dunia jaringan komputer adalah seseorang atau  yang bertindak sebagai pengatur dalam sebuah jaringan.

C. Peran Administrator Jaringan

Adminstrator jarangan  mempunyai 3 tugas utama yaitu membangun, mengelola, dan memperbaiki server. Ketiga tugas itulah yang “wajib” dilakukan seorang admin server untuk menjaga server tetap berjalan dengan baik. Adapun tanggung jawab yang diemban oleh jabatan admin antara lain adalah:

Mengamankan jaringan (security)

Melindungi komputer yang berada di dalam suatu jaringan adalah tugas utama dari admin. Keadaan jaringan komputer yang aman dan berfungsi baik harus dipastikan oleh admin. Komputer dan jaringannya harus terproteksi dari kemungkinan ancaman pihak lain yang tidak memiliki hak akses atau dari ancaman program jahat seperti virus dan malware. 

2. Mengatur pengguna

Dalam perusahaan yang memiliki jaringan komputer kelas menengah, seorang admin bertugas dalam mengatur pengguna jaringan tersebut. Admin harus tahu dengan baik komputer mana saja dan sumber daya apa saja yang ada dalam jaringan yang ia pimpin. Admin juga merupakan penegak dari aturan atau kebijakan perusahaan dalam mengakses jaringan sehingga dapat ditaati oleh seluruh pengguna jaringan tersebut. Misalnya memblokir akses jejaring sosial pada saat jam kerja, dan lain sebagainya. Umumnya dalam jaringan memiliki akun masing-masing. Akun user ini biasanya dikelompokkan berdasarkan nama, jabatan dan kepentingan dalam mengakses jaringan serta waktu akesenya. 

3. Mengatur cadangan data

Tugas dari admin lainnya adalah tanggung jawabnya dalam membuat salinan data sebagai cadangan dari data-data penting miliki suatu jaringan dari perusahaan atau instansi tertentu. Backup ini berfungsi sebagai cadangan data saat terjadi hal-hal yang diluar dugaan seperti bencana alam, terhapus data secara tak sengaja atau kerusakan perangkat keras penyimpanan data. Dengan backup data, maka admin dapat menyelamatkan data penting perusahaan dan mengembalikannya seperti semula pada saat tanggal terjadinya backup.

4. Troubleshooting atau penanganan masalah

Ini adalah pekerjaan wajib dari admin dalam mengatasi masalah di dalam jaringan. Admin wajib menjaga jaringannya supaya dapat beraktivitas secara normal tanpa adanya masalah. Masalah yang timbul umumnya berupa masalah teknis seperti kerusakan pada komputer, gangguan pada koneksi internet, kabel yang terputus dan lain sebagainya.

5. Update atau pemutakhiran

Karena tugas dan tanggung jawab administrator begitu penting, maka seorang administrator harus mempunyai skill atau keahlian dalam bidang jaringan komputer. Skill tersebut antara lain:


Mampu bekerja dengan hardware komputer dan memahami komponen hardware yang terdapat di dalamnya.

Mengetahui spesifikasi hardware yang akan dipasang pada komputer jaringan.

Uptodate terhadap perkembangan informasi.

Menguasai sistem file dan partisi.

Mampu mengatur atau memanajemen user user dalam suatu jaringan komputer.

Mampu memantau jaringan komputer dengan berbagai tool yang tersedia.

Mampu berkomunikasi dengan departemen-departemen terkait.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat DHCP

Membuat routing static dan dinamic